Asuransi Uang

Perlindungan untuk uang tunai / alat tukar lain yang senilai dengan uang

Apa itu Asuransi Uang?

Adalah asuransi yang memberikan perlindungan untuk uang tunai atau alat tukar lain yang senilai dengan uang atas berbagai resiko selama penyimpanan maupun saat dalam proses pengiriman. Produk ini biasanya diikut sertakan dengan coverage Property All Risk (PAR).

Money Insurance
  •     JENIS    
  •     PRODUK    
  •     PENGECUALIAN    
  •     ILUSTRASI    
    JENIS    

Jenis-Jenis Alat Tukar

DALAM PRODUK MONEY INSURANCE, ADA JENIS-JENIS ALAT TUKAR YANG SENILAI DENGAN UANG YANG DIMAKSUD DAPAT DILAKUKAN PENJAGAAN YANG MELIPUTI:

    PRODUK    

Jenis Produk Asuransi Uang

Ada beberapa klasifikasi jenis dalam Asuransi Uang yang antara lain diklasifikasikan sesuai dengan kondisi tempat dimana uang itu berada, klasifikasinya adalah sebagai berikut :

1. Cash in Save


Asuransi ini menjamin uang atau harta benda lain yang disamakan dengan uang, seperti cek, wesel, dan lainnya, yang disimpan dalam save atau strong room atas resiko pencurian atau perampokan dimana pencuri masuk dengan cara paksa dan kekerasan dalam lokasi, di mana save atau strong room tersebut dijamin di dalam polis asuransi.

Jaminan juga dapat meliputi kerugian atau kerusakan save atau strong room milik tertanggung sebagai akibat dari pencurian dan perampokan atau usaha pencurian dan perampokan.

2. Cash in Transit


Asuransi ini memberikan jaminan kerugian kepada tertanggung atas pengiriman uang yang timbul akibat kehilangan, pencurian, perampokan, pembongkaran, penggelapan, atau tindakan sejenis yang di lakukan oleh bukan tertanggung atau orang yang dikuasakan untuk mengelola uang tersebut.


Resiko yang dijamin meliputi kerugian keuangan yang terjadi selama dalam pengiriman yang disebabkan karena perampokan, penodongan, pencurian, perampasan, akibat alat angkut mengalami musibah, dan risiko lainnya yang dijamin dalam polis. Produk ini memiliki periode penjaminan sampai uang tersebut diterima oleh penerima atau tiba di tempat tujuan.

3. Cash in Cashier Box


Asuransi ini memberikan jaminan kerugian kepada tertanggung atas penyimpanan uang yang berada di boks kasir (petty cash) yang timbul akibat kehilangan, pencurian, perampokan, pembongkaran, penodongan, dan tindakan sejenis lainnya yang dilakukan oleh bukan tertanggung atau orang yang dikuasakan mengelola uang tersebut.


Prinsip jenis asuransi ini sama dengan Cash In Save, hanya berbeda tempat penyimpanan dan penghitungan jumlah rata-rata harian uang yang ada di kasir tidak termasuk hari libur resmi, sementara Cash In Save termasuk hari libur.

4. Cash in ATM


Asuransi ini memberikan jaminan ganti rugi atas kerugian dan kehilangan uang yang disimpan di dalam mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM).

    PENGECUALIAN    

Pengecualian Jaminan

Dalam setiap produk asuransi kita memiliki beberapa pengecualian keadaan yang tidak akan dijaminkan yang antara lain adalah :

    ILUSTRASI    

Ilustrasi Perhitungan

Perhitungan Premi Cash in Transit


Sebuah PT XYZ akan melakukan penutupan cash in transit dengan limit maksimum yang dibawa untuk setiap pengiriman senilai IDR. 50 juta, jumlah pengiriman dalam satu bulan sebanyak 10x.


Kita akan dapatkan annual carrying atau total uang yang dibawa dalam satu tahun dengan rumus:


limit maksimal satu kali pengiriman x satu tahun x volume pengiriman per bulan.


IDR. 50.000.000 x 12 x 10 = IDR.6.000.000.000


Jika asumsi suku premi sebesar 0,03%.


Perhitungan premi : Rp6.000.000.000 x 0,03% = IDR. 1.800.000

Dapatkan Infonya!

Tertarik dengan produk atau bisnis asuransi? Isi form berikut ini.

Konsultasi gratis
Terdepan dalam digital
Memberikan solusi terbaik
Kontak